RSS

Kinect Bisa Deteksi Autisme

17 May

Amerika Serikat – Mendeteksi autisme pada anak-anak bisa sangat sulit, mahal dan memakan proses yang cukup lama karena perlu melibatkan tenaga medis profesional. Seorang peneliti menemukan cara baru yang lebih praktis, dengan menggunakan Kinect Microsoft.

Duo peneliti, Guillermo Sapiro dan Nikolaos Papanikolopoulos dari Institute of Child Development di University of Minnesota yakin bahwa sensor gaming di Kinect Microsoft bisa membantu tugas mendeteksi autisme.

Sebagai bagian dari eksperimen, Sapiro dan Papanikolopoulos merancang serangkaian lima sensor Kinect di ruang aktivitas sebuah sekolah taman kanak-kanak. Disana, kamera pendeteksi gerak merekam pergerakan anak-anak yang berusia tiga sampai lima tahun.

Selanjutnya, informasi ini akan dikumpulkan dan dikirimkan ke PC yang terkoneksi. Komputer lantas mengkalkulasi potensi dimana anak-anak berada pada tingkatan paling berisiko mengidap autisme. Penentuan ini berdasarkan gerakan tangan dan tingkat aktivitas si anak.

Dilansir Science Popular, Kamis (10/5/2012), anak-anak dengan tingkat aktivitas sangat berbeda dan mencolok dibandingkan teman-temannya, kemudian ‘ditandai’ untuk dianalisa lebih lanjut oleh tenaga medis profesional.

Kedua peneliti ini mengakui, sensor kamera bukanlah pengganti dokter sesungguhnya. Namun sedikit banyak bisa membantu menentukan anak mana yang membutuhkan lebih banyak pengujian untuk mengobati autisme.

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2012 in Penelitian Autis

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: